Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Apakah ada perbedaan peningkatan
yang signifikan antara kemampuan penalaran siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation
berbantuan multimedia komputer, (2) Apakah ada perbedaan peningkatan yang
signifikan antara aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation
berbantuan multimedia komputer, (3) Apakah ada pengaruh interaksi antara
model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran
siswa, (4) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan
kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model
PBL berbantuan multimedia komputer (Kelas Eksperimen I) dan pembelajaran
dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan multimedia
komputer (Kelas Eksperimen II). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII MTs Al-Washliyah 28 Sergai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
adalah (1) tes kemampuan awal, (2) tes kemampuan penalaran matematis, (3)
angket aktivitas belajar, dan (4) tes prestasi. Istrumen tersebut telah memenuhi
syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan
analisis varians (Anova) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat
perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan
multimedia komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan
model Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (2) Terdapat
perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa yang mendapatkan
pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia
komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model
Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (3) Adanya pengaruh
interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap
kemampuan penalaran siswa, (4) Adanya pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa.