DSpace Repository

Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Representasi Matematis Pada Model Discovery Learning dan Ekspositori Di SMP Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan

Show simple item record

dc.contributor.author Saputra
dc.date.accessioned 2020-03-02T06:46:41Z
dc.date.available 2020-03-02T06:46:41Z
dc.date.issued 2019-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1496
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model discovery learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori, (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model discovery learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran Eskpositori., (3) mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian peningkatan dengan menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan kelas VII-B. Kelas eksperimen sejumlah 32 siswa dan kelas kontrol sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, wawancara dan metode tes. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan kreatifitas dan representasi, angket dan tes prestasi. Prasyarat uji validitas tes menggunakan korelasi product moment, untuk mengetahui signifikansi korelasi yang diperoleh dengan uji t dan hasil perhitungan menggunakan validasi uji coba (empirik). Dengan taraf signifikan 5%, dk = 32-2 = 30 diperoleh t tab = 1,69 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Discovery Learning en_US
dc.subject Model Pembelajaran Model Ekspository en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif dan Representasi Matematis en_US
dc.title Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Representasi Matematis Pada Model Discovery Learning dan Ekspositori Di SMP Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account