DSpace Repository

EKSPERIMENTASI METODE PROBLEM POSING DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Show simple item record

dc.contributor.author BATU BARA, MAISYARAH
dc.date.accessioned 2020-03-02T03:23:58Z
dc.date.available 2020-03-02T03:23:58Z
dc.date.issued 2019-03-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1485
dc.description.abstract Maisyarah Batubara. 2019. Eksperimentasi Metode Problem Posing dan Snowball Throwing Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa pada kedua pembelajaran, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Barkah Tahun Pelajaran 2018/2019. Secara acak, dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan metode Problem Posing dan kelas eksperimen 2 diberi perlakukan metode Snowball Throwing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes kemampuan awal matematika siswa dan (2) test kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien realibitas dan dinyatakan valid dan reliabel dengan interpretasi tinggi baik tes kemampuan awal matematika maupun tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Analisis data yang dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan (1) dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif Matematika, proses jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing (kelas eksperimen 2) lebih baik dari pada proses jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing (kelas eksperimen 1), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa antara yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Problem Posing dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing. en_US
dc.subject Metode Problem Posing en_US
dc.subject Metode Snowball Throwing en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. en_US
dc.title EKSPERIMENTASI METODE PROBLEM POSING DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account