DSpace Repository

Pengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Adawiyah, Rabiatul
dc.date.accessioned 2020-11-18T08:25:43Z
dc.date.available 2020-11-18T08:25:43Z
dc.date.issued 2017-02-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13412
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016- 2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlahn 139 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 70 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh metode Estafet Writing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Dalam hal ini siswa menulis teks prosedur secara individu, setelah data dianalisis diketahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal menulis teks prosedur berada pada tingkat “baik” dengan nilai rata rata 75,57 pada kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis teks prosedur pada kelas kontrol berada pada tingkat “cukup” dengan nilai rata-rata 57,10 dan setelah dicari kamampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan rumus uji t deketahui thitung= 7,08. Setelah thitung di peroleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk (n1+n2) -2, dk = (35+35)-2 = 68, maka dapat disimpulakan ttabel = 1,66, oleh karena thitung > ttabel yaitu 7,08 > 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “terdapat pengaruh metode Estafet Writing terhadap kemampuan menulis teks prosedur” dapat diterima en_US
dc.subject “Pengaruh Metode Estafet Writing en_US
dc.subject Menulis Teks Prosedur en_US
dc.title Pengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account