Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode
Estafet Writing (Menulis Berantai) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur
oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-
2017. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47
Sunggal Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang berjumlahn 139 orang, dan sampel
penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 70 orang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen, yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mencari pengaruh metode Estafet Writing. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai.
Dalam hal ini siswa menulis teks prosedur secara individu, setelah data
dianalisis diketahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal
menulis teks prosedur berada pada tingkat “baik” dengan nilai rata rata 75,57 pada
kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis teks prosedur pada kelas kontrol
berada pada tingkat “cukup” dengan nilai rata-rata 57,10 dan setelah dicari
kamampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan rumus uji t deketahui
thitung= 7,08.
Setelah thitung di peroleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf
signifikan a = 0,05 dengan dk (n1+n2) -2, dk = (35+35)-2 = 68, maka dapat
disimpulakan ttabel = 1,66, oleh karena thitung > ttabel yaitu 7,08 > 1,66. Dengan
demikian hipotesis berbunyi “terdapat pengaruh metode Estafet Writing terhadap
kemampuan menulis teks prosedur” dapat diterima