Abstract:
Tujuan utama penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan
Trait and Factor adalah untuk memberikan pemahaman tentang karir kepada
peserta didik karena kurangnya informasi yang didapatkan oleh peserta didik
seputaran tentang karir sehingga perencanaan dan pemilihan karir kedepannya
sesuai dengan potensi diri yang ada pada individu, membantu individu mencapai
perkembangan kesempurnaan berbagai aspek kehidupan manusia dan membantu
individu dalam memperoleh kemajuan memahami dan mengelola diri dengan cara
membantunya menilai kekuatan dan kelemaham diri dalam kegiatan dengan
perubahan kemajuan tujuan-tujuan hidup dan karir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pelaksanaan pendekatan melalui bimbingan kelompok terhadap
peserta didik yang kurang mendapatkan dan mengetahui informasi tentang karir
pada peserta didik kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran
2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI TKJ 1 dan 5 orang peserta didik dari
kelas XI TKJ 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
mengguakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data pelaksanaan
penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan
selama penelitian berlangsung. Maka dari hasil tersebut dapat di lihat bahwasanya
meningkatnya pengetahuan peserta didik terhadap pemahaman tentang karir dan
pemilihan dan perencaan karir kedepan. Dengan demikian penerapan layanan
bimbingan kelompok dengan pendekatan trait and factor untuk memberikan
pemahaman tentang karir peserta didik kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Perbaungan
Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan pemahaman tentang karir.
Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan berfikir secara sadar saat diberikannya
layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan Trait and Factor.