Abstract:
Peternakan di Sumatera Utara sampai saat ini sudah semakin berkembang
dan telah mencapai kemajuan yang cukup pesat. Perkembangan ke arah komersial
sudah ditata sejak lama, bahkan pada saat ini peternakan di Sumatera utara sudah
banyak yang berskala industri. Khususnya pada peternakan ayam kampung
organik dimana masyarakat kota dewasa ini lebih memilih sumber makanan yang
jauh lebih sehat. Tujuan penilitian ini adalah Mengidentifikasi faktor-faktor
lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk ayam
kampung organik. Untuk mengetahui pengembangan usaha ayam kampung
organik di peternakan ayam kampung organik perumahan suka maju blok A1,
kecamatan sunggal kota medan . Merumuskan pemasaran dan strategi
pengembangan yang dapat di rekomendasikan untuk diterapkan pada produk
ayam kampung organik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif.
Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Alat
analisis yang digunakan adalah , matrik IFE, matrik EFE, diagram analisis
SWOT, matrik SWOT
Dari hasil identifikasi terhadap faktor lingkungan internal diketahui
kekuatan utama adalah kemampuan menghasilkan produk berkualitas organik
yang dapat dijamin keamanan, kealamian dan kesehatannya, serta kandungan
nutrisi tinggi dengan nilai tertimbang 0,44. Kelemahan yang dimiliki adalah faktor
minimnya kegiatan promosi yang dilakukandengan nilai tertimbang 0,202.
Peluang utama yang dihadapi oleh usaha peternakan ayam kampung organik
adalah faktor trend hidup sehatdan alami, dengan nilai tertimbang sebesar 0,511.
Ancaman utama yangdihadapi adalah kenaikan harga bahan baku pakan dengan
total nilaitertimbang 0,27