Abstract:
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
analisis data menggunakan Teknik pengumpulan data, reduksi data, display data,
verifikasi dan penegasan kesimpulan serta analisis swot. Berdasarkan hasil data
penelitian tentang sistem bauran pemasaran jasa di PT. Mangat Usaha Wisata
Medan, produk utama PT Mangat Usaha Wisata adalah paket umroh 9 hari dan 12
hari, harga yang ditawarkan beranekaragam, promosi yang digunakan dengan
media sosial, brosur, media cetak dan spanduk, tempat yang digunakan di kantor
perusahaan, partisipan sudah di tranining dengan baik, proses di perusahaan
berjalan sesuai persyaratannya dan linkungan fisik suda tertata baik dan nyaman
untuk konsumen. Maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Dari ke-tujuh
unsur marketing mix yang dimiliki Mangat Usaha Wisata tidak semuanya
memiliki unsur yang sempurna, namun menjadi kuat karena tiap- tiap unsur
dipadukan untuk saling melengkapi dan menguatkan dan menutupi yang lemah
untuk tercapai bisnis yang optimal. 2) Melalui analisis SWOT maka Mangat
Usaha Wisata memiliki kekuatan secara internal dan memanfaatkan peluang yang
ada meskipun memiliki kelemahan dan ancaman. 3) Berdasarkan analisis yang
telah dilakukan, untuk memperoleh pangsa pasar yang lebih besar, Mangat Usaha
Wisata sebaiknya melakukan strategi bauran pemasaran lebih intensif, yaitu
dengan cara memperluas lini produk jasa dan bersaing dalam harga jual produk.
Bauran Pemasaran Jasa