Abstract:
PT Bank SUMUT adalah bank andalan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan
perekonomian dan perkembangan pembangunan daerah di segala bidang serta sebagai salah satu
sumber pendapatan daerah dalam rangka peningkatan tarif hidup rakyat. Masalah yang hendak
diketahui jawabannya sehubungan dengan perusahaan adalah untuk mengetahui apakah dampak
pelayanan terhadap kepercayaan masyarakat menabung di kantor pusat medan, dampak promosi
terhadap kepercayaan masyarakat menabung di kantor pusat medan, dan untuk mengetahui
produk bank sumut terhadap kepercayaan masyarakat menabung di kantor pusat medan.
Sehubungan dengan hal di atas, penelitian diadakan dengan metode pengumpulan data primer
yaitu data yang diperoleh secara langsung dari kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Pemilihan sampel dilakukan
dengan metode slovin, yang menjadi sampel sebanyak 92 responden. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan pada responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis diskiftif dan analisis korelasi dengan bantuan SPSS
Hasil penelitian menunjukan secara parsial maupun simultan pelayanan,promosi, dan
produk bank sumut berdampak signifikan terhadap kepercayaan masyarakat menabung di kantor
pusat medan. Hasil uji t menunjukan pelayanan berdampak pada kepercayaan dengan nilai thitung
4,567 > ttabel 1,9866 dan mempunyai angka signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05,
untuk promosi mempunyai angka thitung 2,324 > ttabel 1,9866 dan mempunyai angka signifikansi
sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 yang artinya bahwa variabel promosi berdampak
terhadap kepercayaan dan variabel produk juga berdampak kepada kepercayaan ini ditunjukan
dengan angka thitung 2,903 > ttabel 1,9866 dan mempunyai angka signifikansi sebesar 0,003 yang
lebih kecil dari 0,05. Hasil uji f menunjukan pelayanan, promosi, dan produk berdampak pada
kepercayaan. Dapat dilihat dari nilai dibandingkan dengan Ftabel maka Fhitung atau 177,833 >
2,708187 dilihat dari nilai Sig sebesar 0,0000 < 0,05. Nilai R sebesar 0.857 sama dengan 85,7 %
berarti dampak antara variabel pelayanan (X1), promosi (X2) dan produk (X3) terhadap variabel
kepercayaan (Y) sebesar 85,7 % dan sisanya 14,3% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.
Kesimpulan penelitian adalah secara parsial pelayanan berdampak terhadap kepercayaan,
promosi berdampak terhadap kepercayaan, produk berdampak terhadap kepercayaan. Secara
simultan pelayanan, promosi, dan produk berdampak terhadap kepercayaan.