Abstract:
Keputusan pembelian konsumen adalah membeli merek yang paling
disukai dari berbagai alternatif yang ada, tetapi dua faktor bisa berada antara niat
pembelian dan keputusan pembelian. Adapun beberapa faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti : persepsi konsumen atas
motivasi belanja/jasa, kualitas motivasi belanja, price consciousness, keputusan
pembelian konsumen, promosi, dan kualitas motivasi belanja.
Sesuai dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian, maka tujuan
dari penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh motivasi belanja terhadap
keputusan pembelian konsumen. Mengetahui pengaruh pengaruh Price
Consciousness terhadap keputusan pembelian konsumen. Mengetahui pengaruh
pengaruh motivasi belanja dan Price Consciousness terhadap keputusan
pembelian konsumen.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi motivasi belanja
terhadap keputusan pembelian berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel
(2,323 > 1,98447) (Sig 0.022 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak.
kesimpulannya : ada pengaruh signifikan Motivasi belanja terhadap Keputusan
pembelian pada PD. Pasar Tradisional. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai
signifikansi Price Consciousness berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel
(6,851< 1,98447) (Sig 0.000 < α0.05). dengan demikian H0 ditolak. kesimpulannya
: ada pengaruh signifikan Price Consciousness terhadap keputusan pembelian
pada PD. Pasar Tradisional. Berdasarkan hasil uji F diatas diperoleh nilai Fhitung >
Ftabel sebesar (24,342 > 3.09) (Sig. 0.000 < α0.05), dengan demikian H0 ditolak .
kesimpulannya : ada pengaruh signifikan pengaruh Motivasi belanja dan Price
Consciousness terhadap Keputusan pembelian pada PD. Pasar Tradisional