Abstract:
Layanan konseling kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang
memungkinkan peserta didik/siswa memperoleh kesempatan untuk pembahasan
dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan pengendalian diri
siswa kelas VIII SMP PAB Helvetia Medan. Penelitian ini merupakan penelitian
layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek
penelitian sebanyak 9 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan
penerapan layanan konseling kelompok teknik acceptence and commitment untuk
mengatasi permasalahan pengendalian diri siswa. Adapun teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data,
memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat
diketahui bahwa penerapan layanan konseling kelompok teknik acceptance and
commitment untuk mengatasi permasalahan pengendalian diri siswa sudah
berhasil dilaksanakan dengan tingkat keberhasilan 87% berdasarkan tes
pemahaman yang telah dilaksanakan dan berdasarkan perubahan perilaku siswa
dalam hal pengendalian dirinya