Abstract:
M Radio 91,6FM merupakan badan usaha milik Universitas
Muhammdiyah Sumatera Utara (UMSU). M Radio adalah radio komersial
bukan sebagai radio komunitas. M Radio satu-satunya radio Kampus di
Sumatera Utara yang bersifat komersial. Di era digital saat ini siaran radio mulai
ditinggalkan karena menjamurnya media online. Perkembangan dan persaingan
radio di Sumatera Utara sangat ketat, sehingga dibutuhkan kemampuan dan
keahlian untuk mempertahankan pendengar lama dan menarik pendengar radio
yang baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen
komunikasi M Radio dalam merancang program on air dan off air untuk
meningkatkan jumlah pendengar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
melalui pendekatan kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif untuk mengetahui
gambaran tentang bagaimana strategi manajemen penyiaran M Radio dalam
menghadapi persaingan informasi digital di zaman modern ini.
Hasil Penelitian ini bahwa untuk meningkatkan jumlah pendengar di M Radio
lebih di tekankan untuk membuat ide – ide kreatif dan inovatif, melakukan
promosi di media sosial, membuat program-program baru untuk meningkatkan
minat pendengar. Pendengar bisa memanfaatkan fungsi radio sebagai sumber
informasi dan hiburan