Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen berdasarkan atribut ukuran, kesegaran, kebersihan dan manfaat terhadap permintaan wortel dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan wortel berdasarkan karakteristik respondendi pasar raya medan mega trade center. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan, yakni siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan memakai alat ukur skala likert kemudian di inteprestasikan dengan menggunakan indeks skor serta metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat uji SPSS. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap atribut memiliki pengaruh sangat kuat terhadap permintaan wortel, dan pada atribut kesegaran merupakan atribut yang memiliki pengaruh paling kuat diantara atribut lainnya untuk konsumen dalam permintaan wortel dengan indeks skor tertinggi sebesar 97,33%. Hasil pengujian secara parsial, variabel pendidikan dan harga berpengaruh nyata terhadap permintaan wortel, sedangkan variabel umur, jumlah tanggungan dan pendapatan tidak berpengaruh secara nyata terhadap permintaan wortel dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil pengujian secara simultan (serempak) diperoleh hasil Sig 0,000 < 0,05 sehingga tolak H0dan terima H1yang artinya umur, pendidikan, jumlah tanggungan, pendapatan serta harga berpengaruh nyata terhadap permintaan wortel.