Abstract:
Penelitian ini dibuat karena kurangnya pengetahuan kalangan non muslim terkait
bank syariah yang dapat digunakan oleh kaum manapun juga, tidak hanya untuk mayoritas
muslim saja, melainkan segala umat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana pengaruh marketing mix terhadap keputusan non muslim menjadi nasabah Bank
Syariah Mandiri AREA Medan Gajah Mada.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian
eksperimen yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel sebab dan akibat
serta mempunyai keterbatasan subjek lingkungan yang akan diteliti. Instrument penelitian
dan teknik analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang dihitung dengan
menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 16.
Hasil yang diperoleh yaitu adanya pengaruh variabel marketing mix
(X
) terhadap
variabel keputusan nasabah
(Y
) pada Bank Syariah Mandiri Area Medan Gajah Mada.
Terbukti dari nilai
>
(10,151 > 0,066 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang
berarti bahwa variabel marketing mix
(X
) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan nasabah (Y
).