Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian laptop
Asus pada PT. Logikreasi Utama. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah
100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa
angket dan menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian,
sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan harga (X) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian (Z) pada PT. Logikreasi Utama, harga
(X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Logikreasi
Utama, kepuasan pelanggan (Y) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian (Z) pada PT. Logikreasi Utama dan keputusan pembelian (Z) tidak
memediasi harga (X) dengan kepuasan pelanggan (Y) pada PT. Logikreasi Utama,
sehingga variabel keputusan pembelian bukan variabel intervening yang dapat
memediasi harga dengan kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, harga
berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya berdasarkan
hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada perusahaan yaitu perusahaan
kiranya dapat mempertahankan harga yang sudah dinilai baik oleh konsumen.
Disamping itu perusahaan diharapkan terus mencari faktor yang dapat
menciptakan kepuasan pelanggan.