Abstract:
Tujuan peneliti ini untuk mengetahui kualitas produk dan promosi terhadap keputusan
pembelian produk sari roti pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas
muhammdiyah sumatera utara. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan asosiatif
sebagai arah penelitian di mana penelitian bermaksud untuk mengetahui sampai sejauh mana
suatu pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini
adalah mahasiswa yang terdapat pada fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammdiyah
sumatera utara. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability
sampling dengan pendekatan sampling insidental sebanyak 98 responden. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara angket
(questioner
). Teknis
analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji teterminan. Hasil
persamaan regresi berganda Y=16.599 + 0,249X1+ 0,133X2. Hasil uji t secara parsial ada
pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dimana thitung 2,911 > ttabel
1,661 , secara parsial tidak ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian hal ini
diketahui berdasarkan uji t dimana diperoleh thitung > ttabel 1,679 > 1,661 berpengaruh tidak
signifkan terhadap keputusan pembelian. Ada pengaruh kualitas produk dan promosi
terhadap keputusan pembelian, hal ini diketahui berdasarkan uji f dimana diperoleh fhitung
>ftabel
(11.833 > 3,090) maka H0 ditolak dan H0 ditolak, yang artinya variabel kualitas produk
dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang nyata
(signifikan) dengan variabel
keputusan pembelian. Koefisien determinasi nilai R-square sebesar 0,199 menunjukkan
19,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor kualitas produk dan promosi dan sisanya
80,1% dipengaruhi oleh faktor lain