Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Corporate
Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Price Earning Ratio) pada
perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI. Pengaruh Profitabilitas (Return
On Assets) Terhadap Nilai Perusahaan (Price Earning Ratio) pada perusahaan
Pertambangan yang terdaftar di BEI. Pengaruh Profitabilitas sebagai variabel
moderating dalam hubungan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai
Perusahaan (Price Earning Ratio). Penelitian ini bersifat asosiatif dengan
pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2013-2017 yang berjumlah 41 perusahaan. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, sehingga
untuk penarikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan
Pertambangan. Variable Independent yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Corporate Social Responsibility (Dummy Skor) kemudian Variable Dependent
penelitian ini adalah Nilai Perusahaan (Price Earning Ratio) sedangkan yang
menjadi Variable Moderating penelitian ini adalah Profitabilitas (Return On
Assets). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis
Regresi Linear Sederhana, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (Statistic Package for the Social Scient) versi 18.00 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Price Earning Ratio).
Dan Return On Assets secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Price
Earning Ratio. Return On Assets berpengaruh signifikan dalam memoderasi
Corporate Social Responsibility dengan Price Earning Ratio