Abstract:
Penelitian ini bertujuan apakah terdapat hasil belajar yang meningkat setelah dilaksanakan keterampilan mengajar ditinjau dari variasi mengajar. Keterampilan mengadakan variasi ialah suatu bentuk guru dalam kegiatan belajar mengajar agar kegiatan belajar mengajar tersebut tidak monoton dan menarik perhatian siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana keterampilan mengajar guru ditijau dari variasi mengajar guru sebelum dilakukan pembelajaran, bagaimana hasil belajar setelah diadakan keterampilanditinjau dari variasi mengajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana keterampilan mengajar guru ditinjau dari variasi mengajar sebelum dilakukan pembelajaran dan bagaimana hasil belajar setelah diadakan keterampilan ditinjau dari variasimengajar siswa di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dalam waktu yang berbeda. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 yang diperoleh 29 siswa dan 1 siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan. Simpulan dari penelitian ini ialah variasi yang dilakukan oleh guru sudah baik, maka guru harus menggunakan variasi mengajar agar siswaterlihat aktif dan tidak bosan dalam belajar