Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Tritech Informatika Medan 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 56 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 4,078 + 0,027X1+ 0,031X2 selanjutnya variabel penggunaan internet (X1) memiliki pengeruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel(2,035 > 1,674) dan nilai sig (0,047 < 0,05). Sementara motivasi belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung>ttabel(2,358> 1,674) dan nilai sig (0,022 < 0,05). Secara bersama-sama penggunaan internet dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (4,554 > 3,17) dengan nilai sig ( 0,015 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 15%.Adanya penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar secara efektif akan membuat siswa lebih giat untuk belajar lagi. Selain itu adanya kebersamaan antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa dirumah dan disekolah