Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar siswa
pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai sebelum
dan sesudah menggunakan media wall chart dan apakah penggunaan media wall
chart efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Wall Chart dan untuk
mengetahui efektivitas penggunaan media Wall Chart terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif
eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai
dan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X Madrasah Aliyah Aisyiyah Binjai
yang berjumlah 72 orang, terdiri dari 2 kelas yang masing-masing kelas
berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus signifikasi pre-test
dan post test, korelasi product moment dan hasil hitung g factor. Hasil
peneitiannya 1; ada perubahan dan peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari
nilai rata-rata pre-test yaitu 76,9 sedangkan rata-rata post test yaitu 88,9 .2;dari
hasil perhitungan korelasi koefisien product moment diperoleh nilai rxy lebih
besar daripada nilai rtabel dengan formulasi bandingan 0,584≥0,339 dan 0,436.
Jadi “Ada pengaruh yang positif antara penggunaan media Wall Chart terhadap
hasil belajar siswa. 3; diperoleh nilai g factor merentang dari 0,0 sampai 1,00.
Maka diperoleh nilai rata-rata g factor 0,567% dan termasuk dalam kualitas
kategori sedang atau cukup tinggi. Kesimpulannya penggunaan media wall chart
efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas X
Madrasah Aliyah Aisyiyah T.P 2018/2019.