Research Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP PAB 3 SAENTIS

Show simple item record

dc.contributor.author Warsih Khairani, Retno
dc.date.accessioned 2020-10-05T04:51:31Z
dc.date.available 2020-10-05T04:51:31Z
dc.date.issued 2020-03-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5384
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kemampuan spasial siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (3) Mendeskripsikan tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Mendeskripsikan tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol yang diberi perlakuan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil siswa kelas VIII-1 dan siswa kelas VIII-5 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling (teknik pengambilan acak). Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan spasial dan angket skala disposisi matematis. Prasyarat uji analsis data dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene’s dengan statistik uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data yang digunakan ANOVA dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5%. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD en_US
dc.subject Kemampuan Spasial en_US
dc.subject Disposisi Matematis en_US
dc.title PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP PAB 3 SAENTIS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account