Abstract:
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan
yang signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajarkan melalui
Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kemampuan spasial siswa yang diajarkan
melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (2) Mendeskripsikan adanya
perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajarkan
melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan disposisi matematis siswa yang
diajarkan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, (3) Mendeskripsikan
tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap
kemampuan spasial siswa, (4) Mendeskripsikan tidak adanya interaksi antara
pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap disposisi matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan dua
kelompok yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis
Masalah dan kelas kontrol yang diberi perlakuan Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 3 Saentis
Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil siswa kelas VIII-1 dan siswa
kelas VIII-5 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan probability sampling (teknik pengambilan acak). Instrumen
penelitian ini berupa tes kemampuan spasial dan angket skala disposisi matematis.
Prasyarat uji analsis data dilakukan uji normalitas dengan uji KolmogorovSmirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene’s dengan statistik uji Paired
Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis data yang
digunakan ANOVA dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5%.