Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan adanya perbedaan
yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kombinaotirk siswa yang diajarkan
dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan
dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan
alat peraga, (2) Mendeskripsikan tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap
minat belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dan dengan model pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga, (3) Mendeskripsikan tidak
adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal
siswa terhadap kemampuan kombinatorik siswa, (4) Mendeskripsikan adanya
pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa
terhadap minat belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran
menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan alat peraga
dan pembelajaran dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education.
Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak memungkinkan untuk
mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan, kecuali beberapa
dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Istiqlal Delitua.
Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling
purposif (purposive sampling). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XII-TKJ 3 dan kelas XII-TKJ 4. Kelas eksperimen 1 sejumlah 25
siswa dan kelas eksperimen 2 sejumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data
adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Instrumen penelitian
adalah tes kemampuan berpikir kombinatorik dan angket minat siswa. Prasyarat
uji analisis dilakukan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji
Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic dengan statistik
Uji Paired Samples Correlations, dan uji Paired Samples T Test. Teknik analisis
data menggunakan anova dua jalur dengan tingkat signifikan sebesar 5 %.