Abstract:
Dewasa ini pelayanan publik oleh aparatur negara telah menjadi isu strategis
karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan citra dari
aparatur negara itu sendiri. Banyaknya keluhan dari masyarakat sebagai penerima
layanan terhadap instansi pemerintah, menggambarkan betapa buruknya kualitas
pelayanan di masa lalu. Seperti halnya keluhan masyarakat yang sering diterima
karena lambatnya waktu pelayanan dan kurang jelasnya prosedur dan biaya
pelayanan dalam penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas. pelaksanaan E tilang
dalam penanganan pelanggaran lalu lintas berbasis on line ditujukan untuk mengatasi
berbagai persoalan terkait pelaksanaan tilang atas pelanggaran lalu lintas.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian tesis ini bersifat deskriptif
analitis dengan jenis penelitian hukum normatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka (library research) sebagai instrumen
dari studi dokumen. Di samping itu dilakukan juga wawancara dengan informan.
Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif.
Implementasi sinergitas pelayanan publik sistem tilang secara online terhadap
penanganan penyelesaian pelanggaran lalu lintas mulai dari kepolisian hingga tahap
sidang pengadilan telah menerapkan penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas
melalui kecanggihan sistem komputerisasi yang terhubung dengan seluruh jaringan
ATM BRI yang ada sehingga masyarakat tidak harus mendatangi kantor kejaksaan
maupun pengadilan hanya untuk menyelesaikan permasalahannya dan tanpa harus
mengikuti sidang pengadilan dengan melakukan sistem pembayaran elektronik atau
e-comerce.