Research Repository

EFEKTIVIT EFEKTIVITAS MODEL AS MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author NURSAKINAH PILIANG, PUTRI
dc.date.accessioned 2020-09-12T05:36:31Z
dc.date.available 2020-09-12T05:36:31Z
dc.date.issued 2019-08-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5228
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas model membelajaran think talk write dan think pair share dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Analisis keefektifan dilihat dari (1) ketuntasan belajar siswa secara klasikal, (2) ketercapaian tujuan pembelajaran, dan (3) waktu pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Aisyiyah Pargodungan dan sampel adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think talk write dan siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, dan angket self efficacy siswa. Data hasil belajar matematika dan self efficacy siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial diperoleh rata-rata kemampan komunikasi matematis pada pembelajaran menggunakan model think talk write adalah 83,75 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis menggunakan model think pair share adalah 81,25 yaitu lebih besar dari KKM yaitu 75. Dan untuk rata-rata skor self efficacy siswa menggunakan model think talk write diperoleh 48,22 dan untuk rata-rata skor self efficacy siswa menggunkan model think pair share diperoleh 46,25 yaitu lebih besar dari KKM yaitu 45. Maka diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran think talk write dan think pair share sama-sama efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa. Namun adanya perbedaan gaya diskusi dan interaksi siswa dalam berkomunikasi saat berdiskusi menyebabkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa yang diajar dengan menggunakan model think talk write lebih baik dari pada menggunakan model think pair share en_US
dc.title EFEKTIVIT EFEKTIVITAS MODEL AS MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account