Abstract:
Pada akhir dekade pertama abad 21, istilah fintech sudah berkembang
melingkupi inovasi teknologi di sektor finansial, seperti inovasi di literasi
financial, personal banking, commercial banking, investasi dan sebagainya. Di
Indonesia, fintech merupakan suatu hal terpopuler kedua setelah e-commerce.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap penggunaan fintech dalam hal ini penggunaan E-payment. Dalam
penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan
kuesioner kepada karyawan PT.Wilmar Consultancy Services cabang Medan.
Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Analisis Faktor untuk
melihat terdapat berapa banyak faktor yang terbentuk dari 25 indikator yang pada
awalnya merupakan pengelompokkan dari lima faktor. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor yang terbentuk, yaitu faktor pertama
Konektivitas, faktor kedua Performa, faktor yaitu Efisiensi, faktor keempat
Promosi, faktor kelima Layanan, faktor yaitu Keamanan, faktor ketujuh
Keuntungan dan terakhir faktor kedelapan yaitu Kenyamanan. Faktor waktu akses
mempunyai nilai factor loading tertinggi yaitu sebesar 0,870 yang pengaruhnya
paling banyak di antara indikator faktor lainnya. Serta item yang paling rendah
nilainya adalah indikator keragaman yang memilikinilai factor loading sebesar
0,552