Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor determinan
yang mempengaruhi penggunaan e-learning berbasis moodle dalam meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini mengunakan metode penelitian tinjauan pustaka dengan
teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data mengunakan tiga tahap model air, yaitu reduksi data, penyajian data,
verifikasi data. Penelitian ini juga berfokus pada tinjauan sistematis studi literatur
dalam faktor determinan yang mempengaruhi penggunaan e-learning berbasis
moodle dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti memeriksa
10 publikasi jurnal tentang subjek dan membuat analisis kritis terhadap teori
faktor determinan dan pendekatan penelitian.
Hasil yang ditemukan dari studi literatur menunjukkan bahwa faktor
kemudahan dalam memahami materi, faktor antarmuka dan faktor kemudahan
dalam pengoperasian perangkat lunak e-learning berbasis moodle adalah faktor
determinan yang mempengaruhi pemanfaatan e-learning berbasis moodle dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Studi literatur terdahulu
ditemukan 60% dari data yang digunakan peneliti yang menggunakan pendekatan
penelitian dan pengembangan (R&D), 10% menggunakan pendekatan kualitatif,
10% menggunakan pendekatan kuantitatif dan 20% menggunakan pendekatan
campuran. Selain itu hasil yang ditemukan bahwa pemanfaatan E-learning
berbasis moodle layak dan efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran