Research Repository

Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemanfaatan E-learning Berbasis Moodle Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Yasmara, Riyanda
dc.date.accessioned 2020-09-10T06:19:25Z
dc.date.available 2020-09-10T06:19:25Z
dc.date.issued 2020-08-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5176
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor determinan yang mempengaruhi penggunaan e-learning berbasis moodle dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tinjauan pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan tiga tahap model air, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Penelitian ini juga berfokus pada tinjauan sistematis studi literatur dalam faktor determinan yang mempengaruhi penggunaan e-learning berbasis moodle dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti memeriksa 10 publikasi jurnal tentang subjek dan membuat analisis kritis terhadap teori faktor determinan dan pendekatan penelitian. Hasil yang ditemukan dari studi literatur menunjukkan bahwa faktor kemudahan dalam memahami materi, faktor antarmuka dan faktor kemudahan dalam pengoperasian perangkat lunak e-learning berbasis moodle adalah faktor determinan yang mempengaruhi pemanfaatan e-learning berbasis moodle dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Studi literatur terdahulu ditemukan 60% dari data yang digunakan peneliti yang menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), 10% menggunakan pendekatan kualitatif, 10% menggunakan pendekatan kuantitatif dan 20% menggunakan pendekatan campuran. Selain itu hasil yang ditemukan bahwa pemanfaatan E-learning berbasis moodle layak dan efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran en_US
dc.subject E-learning berbasis moodle en_US
dc.subject Aktivitas siswa en_US
dc.subject Hasil belajar siswa en_US
dc.title Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemanfaatan E-learning Berbasis Moodle Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account