Abstract:
Tujuan Peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa
SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Muhammadiyah 06 Medan Tahun
Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 180 siswa. Adapun sampel dalam penelitian
ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama 15 orang dari
no absen 1 sampai no absen 15 sebagai kelas kontrol dan pada sesi kedua 15 siswa
dari no absen 16 sampai no absen 30 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol
menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan pada kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran Co-op Co-op.Instrumen yang digunakan
berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VIII-2 pada sesi pertama yang
berjumlah 15 orang sebagai uji instrument. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang
menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran
Co-op Co-op dilihat berdasarkan uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol
sebesar 0,2 tergolong rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,6 yang tergolong
sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Co-op Co-op efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pelajaran
2020/2021