Abstract:
Program televisi adalah nafas dari sebuah media televisi, jika sebuah televisi tidak
memiliki program maka akan sangat sulit bagi media televisi untuk tetap eksis atau
bertahan di dunia pertelevisian. Program Wow Viral hadir sebagai bentuk peduli
Metro TV terhadap generasi muda. Metro TV membuat program Wow Viral selain
mendidik, dan memberikan banyak informasi namun tetap dengan gaya kekinian
yang akan menarik perhatian generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana sebuah program tayangan televisi itu dikemas kemudian
ditayangkan atau disajikan kepada pemirsa televisi. Tahapan pembuatan sebuah
program Wow Viral di sebuah stasiun televisi berita Metro TV. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dimana
peneliti melakukan pengumpulan data dan pengamatan langsung di stasiun televisi
Metro TV terhadap produksi program acara Wow Viral, mewawancarai sejumlah
kru yang terlibat di dalamnya, seperti produser, host, dan editor. Dari temuan
penelitian disimpulkan bahwa sebelum ditayangkan di Metro TV, program acara
Wow Viral merupakan satu dari sekian banyak program tayangan non buletin yang
diproduksi Metro TV yang melibatkan sejumlah anggota tim produksi. Sebelum
ditayangan di Metro TV, program Wow Viral diproduksi oleh tim produksi melalui
tiga tahap yakni tahap pra produksi, proses produksi, dan proses pasca produksi