Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk
peningkatan optimisme siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Budhi Darma Indrapura
Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan Rational Emotive Behavior
Therapy (REBT) untuk peningkatan optimisme siswa kelas XI TKJ SMK Swasta
Budhi Darma Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah 6 orang
siswa kelas XI yang memiliki ciri-ciri optimisme yang rendah. Sample yang
digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Dengan dilakukan nya layanan bimbingan kelompok
melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk
peningkatan optimisme siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Budhi Darma Indrapura
Tahun Ajaran 2019/2020 ternyata telah berhasil dalam memberikan peningkatan
rasa optimisme pada siswa, hal ini dapat dilihat dari cara-cara siswa memberikan
saran, masukan-masukan atau dorongan kepada teman sekelompoknya dan juga
lebih percaya diri, kemudian juga dilihat dari perubahan pola pikir kearah yang
lebih positif