Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Pasar Tradisional Sei Sikambing yang berada di jalan Gatot
Subroto Kec Medan Helvetia Kel C II Sei Sikambing dan Pasar Modern yang berada di jalan
Gatot Subroto No. 288 Medan. Metode analisis yang digunakan untuk masalah (1) adalah
metode Regresi Linear Berganda, dan untuk masalah (2) dengan menggunakan Korelasi Rank
Spearman.
Hasil analisis data yang diperoleh sebagai berikut, untuk rumusan masalah (1) diperoleh
bahwa hanya faktor lokasi, harga, dan pelayanan saja yang tidak berpengaruh nyata. Sedangkan
faktor produk berpengaruh nyata. Untuk masalah (2) diperoleh hasil bahwa faktor lokasi, produk,
dan pelayanan yang memiliki hubungan yang kuat terhadap perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan memilih pasar. Sedangkan faktor harga tidak memiliki hubungan yang
kuat terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan memilih pasar.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, uji pertama secara serempak (1) dari tabel dapat
diperoleh hasil Fhitung dan Ftabel yaitu 97,099 > 4,00 maka H1 diterima. Artinya bahwa
variabel bebas yakni lokasi (x1), harga (x2), produk (x3), dan pelayanan (x4) secara serempak
berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen dalam memilih pasar (Y). Nilai sig < α yaitu
0,000 < 0,05, hal ini berarti bahwa hipotesis secara simultan variabel bebas mempunyai pengaruh
terhadap variabel terikat. Secara parsial variabel lokasi (x1) diperoleh Thitung = -0,155 dan
Ttabel = 1,6702 sehingga Thitung (-0,155) < Ttabel (1,6702) maka H0 diterima. variabel harga
(x2) diperoleh Thitung = 1,574 dan Ttabel = 1,6702 sehingga Thitung (1,574) < Ttabel (1,6702)
maka H0 diterima. variabel produk (x3) diperoleh Thitung = 2,218 dan Ttabel = 1,6702 sehingga
Thitung (2,218) > Ttabel (1,6702) maka H1 diterima. variabel pelayanan (x4) diperoleh Thitung
= -14,397 dan Ttabel = 1,6702 sehingga Thitung (-14,397) < Ttabel (1,6702) maka H0 diterima.
(2) diperoleh hasil x1 = lokasi, x2 = produk, dan x4 = pelayanan memiliki hubungan yang kuat
dengan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan memilih pasar. Sedangkan x3 = harga
tidak memiliki hubungan yang kuat dengan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan
memilih pasar.