Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan meningkatnya dunia bisnis
khususnya dalam perlengkapan kebutuhan rumah tangga, seperti halnya pada
produk tupperware. Produk tupperware merupakan sebuah perusahaan yang
berpusat di Orlando Amerika Serikat. Di Indonesia produk Tupperware sudah
memiliki citra merek yang terkenal di kalangan ibu rumah tangga. Dilakukannya
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh citra merek
dan kualitas produk dalam meningkatkan minat beli pada produk Tupperware di
stockist Eria Utami Kota Tebing Tinggi.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei dengan
pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 78 responden dengan
teknik accidental sampling, dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner terhadap 78 responden sebagai konsumen Tupperware di
stockist Eria Utami. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear
berganda, uji t (secara parsial), uji F (secara bersama-sama), dan uji koefisien
determinasi.
Pengolahan data menggunakan SPSS 20.0, dimana hasil penelitian secara
uji t (parsial) menyatakan bahwa citra merek tidak berpengaruh dalam
meningkatkan minat beli, sedangkan kualitas produk memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan dalam meningkatkan minat beli dengan nilai thitung 4,886 >
ttabel 1,995. Secara uji F (bersama-sama) citra merek dan kualitas produk
mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung
25,604 > Ftabel 3,15. Berdasarkan hasil penelitian, citra merek dan kualitas produk
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan minat beli.
Citra merek dan kualitas produk dalam meningkatkan minat beli berpengaruh
sebesar 40,6%