Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan kelompok yang
mengacu kepada aktivitas-aktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan
informasi atau pengalaman lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisir
yang bertujuan menyediakan informasi melalui aktivitas kelompok. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan Kreatifitas Belajar Siswa Dengan
Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Medan. Penelitian
ini merupakan penelitian layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 8 orang siswa. Adapun instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara yang sesuai dengan
efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap kreatifitas belajar
pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, memaparkan data dan mengambil
kesimpulan.Perubahan yang dialami siswa bisa dilihat dari siklus I yang mendapatkan
hasil 30% sesudah melaksanakan kegiatan lanjutan ataupun siklus II diperoleh hasil
sebanyak 90%,jadi bisa dikatakan bahwa siswa sudah mengalami perubahan.Dari
hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa penerapan efektivitas pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok terhadap kreatifitas belajar pada siswa kelas VII SMP
Negeri 29 Medan sudah berhasil dilaksanakan dengan hasil yang maksimal dan
sangat memuaskan.