Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29565| Title: | PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN TP. 2024/2025 |
| Authors: | ZEBUA, RIKA PUSPALIANI |
| Keywords: | Media Permainan Ular Tangga;Berpikir Kritis Siswa |
| Issue Date: | 7-Aug-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh komponen-komponen yang ada disekolah seperti: kepala sekolah, guru, tata usaha, dan siswa-siswa SD Muhammadiyah 13 Medan. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan yang terdiri dari 29 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sampling jenuh. Metode ini digunakan dikarekan sampel yang digunakan kurang dari 30 sampel. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, tes tersebut yang terdiri dari tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan media permainan ular tangga dan siswa yang belajar tanpa memnggunakan media permainan ular tangga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Karena uji hipotesis menggunakan uji paired samples test dengan besar sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang mana hasil tersebut diterima dikarenakan nilai sig 0,000 < sig 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Siswa belajar dengan menggunakan media permainan ular tangga rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa lebih tinggi. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29565 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI RIKA PUSPALIANI ZEBUA.pdf | Full Text | 5.93 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.