Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29565
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZEBUA, RIKA PUSPALIANI-
dc.date.accessioned2025-10-30T03:52:42Z-
dc.date.available2025-10-30T03:52:42Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29565-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh komponen-komponen yang ada disekolah seperti: kepala sekolah, guru, tata usaha, dan siswa-siswa SD Muhammadiyah 13 Medan. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan yang terdiri dari 29 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji sampling jenuh. Metode ini digunakan dikarekan sampel yang digunakan kurang dari 30 sampel. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, tes tersebut yang terdiri dari tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan media permainan ular tangga dan siswa yang belajar tanpa memnggunakan media permainan ular tangga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Karena uji hipotesis menggunakan uji paired samples test dengan besar sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang mana hasil tersebut diterima dikarenakan nilai sig 0,000 < sig 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Siswa belajar dengan menggunakan media permainan ular tangga rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa lebih tinggi.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMedia Permainan Ular Tanggaen_US
dc.subjectBerpikir Kritis Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN TP. 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIKA PUSPALIANI ZEBUA.pdfFull Text5.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.