Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28489
Title: PENINGKATAN STRUKTUR JALAN DENGAN METODE BINA MARGA 2003 DAN MDPJ 2024 PADA RUAS JALAN JEMBATAN MERAH-MUARASOMA (Studi Kasus)
Authors: NASUTION, KHAILA HAFIZA RIZKI
Keywords: Peningkatan jalan;Perkerasan kaku
Issue Date: 1-Sep-2025
Publisher: umsu
Abstract: Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peran penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Kehadiran sistem transportasi jalan memungkinkan perjalanan darat menjadi lebih efisien, terjamin keamanannya, serta memberikan kenyamanan bagi penggunanya Untuk mengetahui tebal perkerasan kaku (rigid pavement) dengan menggunakan Metode MDPJ 2024 dan Metode Bina Marga (2003), pada peningkatan Jalan Jembatan Merah. Menentukan hasil perhitungan sehingga mendapatkan tebal perkerasan yang optimal dengan menggunakan Metode MDPJ 2024 dan Metode Bina Marga (2003). Perencanaan tebal perkerasan kaku (Rigit Pavement) dengan MDPJ 2024, dengan panjang jalan 450m, lebar badan jalan 6m, dan bahu jalan 0,5m. Kedua metode Bina Marga 2003 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 menghasilkan spesifikasi yang sama untuk CBR tanah dasar 6%, tebal perkerasan kaku 30 cm, meskipun tahapan perencanaan kedua metode sejalan, MDPJ 2024 lebih direkomendasikan perencanaan perkerasan kaku jalan raya di Indonesia di karenakan penggunaan material lebih efisien berdasarkan riset terbaru, metodologi yang telah diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi terkini, merupakan standar resmi terbaru dari Direktorat Jenderal Bina Marga, dan telah melalui pengujian dengan kondisi aktual di lapangan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28489
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_KHAILA HAFIZA RIZKI NST_2107210106 (1).pdfFull Text4.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.