Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28489
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NASUTION, KHAILA HAFIZA RIZKI | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-18T03:37:00Z | - |
dc.date.available | 2025-09-18T03:37:00Z | - |
dc.date.issued | 2025-09-01 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28489 | - |
dc.description.abstract | Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peran penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Kehadiran sistem transportasi jalan memungkinkan perjalanan darat menjadi lebih efisien, terjamin keamanannya, serta memberikan kenyamanan bagi penggunanya Untuk mengetahui tebal perkerasan kaku (rigid pavement) dengan menggunakan Metode MDPJ 2024 dan Metode Bina Marga (2003), pada peningkatan Jalan Jembatan Merah. Menentukan hasil perhitungan sehingga mendapatkan tebal perkerasan yang optimal dengan menggunakan Metode MDPJ 2024 dan Metode Bina Marga (2003). Perencanaan tebal perkerasan kaku (Rigit Pavement) dengan MDPJ 2024, dengan panjang jalan 450m, lebar badan jalan 6m, dan bahu jalan 0,5m. Kedua metode Bina Marga 2003 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 menghasilkan spesifikasi yang sama untuk CBR tanah dasar 6%, tebal perkerasan kaku 30 cm, meskipun tahapan perencanaan kedua metode sejalan, MDPJ 2024 lebih direkomendasikan perencanaan perkerasan kaku jalan raya di Indonesia di karenakan penggunaan material lebih efisien berdasarkan riset terbaru, metodologi yang telah diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi terkini, merupakan standar resmi terbaru dari Direktorat Jenderal Bina Marga, dan telah melalui pengujian dengan kondisi aktual di lapangan. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Peningkatan jalan | en_US |
dc.subject | Perkerasan kaku | en_US |
dc.title | PENINGKATAN STRUKTUR JALAN DENGAN METODE BINA MARGA 2003 DAN MDPJ 2024 PADA RUAS JALAN JEMBATAN MERAH-MUARASOMA (Studi Kasus) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_KHAILA HAFIZA RIZKI NST_2107210106 (1).pdf | Full Text | 4.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.