Abstract:
Pendidikan adalah proses dimana setiap individu (peserta didik) memperoleh
pengetahuan yang akan membantu mereka memahami, menjadi lebih dewasa, dan
menjadi lebih kritis dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh penggunaan media komedi putar bangun ruang terhadap kemampuan
pemahaman siswa kelas 2 di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Penelitian
yang bersifat hipotesis dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan di kelas 2 Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Hasil
observasi menunjukkan bahwa banyak siswa menganggap matematika, khususnya
materi bangun ruang, sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, yang
menyebabkan rendahnya hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini
menggunakan media komedi putar sebagai solusi untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Data yang diperoleh dari
pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman
siswa. Rata-rata nilai pretest adalah 55, sedangkan rata-rata nilai posttest
meningkat menjadi 86, yang menunjukkan efektivitas media pembelajaran yang
digunakan. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa media komedi putar dapat
membangkitkan semangat siswa dan meningkatkan respon antusias mereka
dalam belajar, serta melatih kecepatan berpikir dan pemahaman dalam
menyelesaikan berbagai masalah matematika. Dengan demikian, penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan media komedi putar bangun ruang memiliki
pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman siswa, dan dapat menjadi
alternatif yang menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan
metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.