Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi
keuangan terhadap minat transaksi, pengaruh lifestyle terhadap minat transaksi,
dan pengaruh literasi keuangan dan lifestyle terhadap minat transaksi Mahasiswa
FEB UMSU dalam berbelanja online di e-commerce Shopee. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Target populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB UMSU yang menggunakan shopee
yang tidak diketahui jumlahnya dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah 384 orang dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t
dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Secara parsial literasi
keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat transaksi. Secara parsial
lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap minat transaksi. Secara simultan
literasi keuangan dan lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap minat
transaksi Mahasiswa FEB UMSU dalam berbelanja online di e-commerce Shopee.