Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media
tangram terhadap pencapaian tujuan pembelajaran matematika siswa II Sanggar
Bimbingan Kampung Bharu Malaysia, khususnya pada materi geometri. Penelitian
ini mengadopsi desain kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental jenis one
group pretest-posttest design, yang melibatkan 10 siswa sebagai sampel.
Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan diuji validitas dan
reliabilitasnya menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
Analisis
menggunakan uji t sampel berpasangan. Temuan penelitian
mengungkapkan nilai p < 0,001, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan
antara skor pretest dan posttest siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan media tangram secara signifikan meningkatkan hasil belajar
matematika siswa, khususnya pada materi geometri. Penelitian ini
merekomendasikan penggunaan media tangram sebagai media pembelajaran
yang menarik dan efektif.