Abstract:
Program pelatihan parenting merupakan kegiatan memberikan wawasan dan
pengetahuan kepada orang tua tentang bagaimana berkomunikasi dan
menghadapai anak. Pelatihan tersebut di selenggarakan karena adanya
permasalahan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi antara orang tua
dengan anak. Sekolah SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan melakukan program
parenting yang ditujukan kepada seluruh orang tua siswa dari kelas 1 (satu)
sampai kelas 6 (enam). Penelitian ini meneliti tentang pengaruh program pelatihan
parenting terhadap peningkatan kualitas komunikasi orang tua dalam pola asuh.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain
Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua perempuan kelas 3
dan kelas 4 yang pernah mengikuti program pelatihan parenting di SD
Muhammadiyah 1 Aek Kanopan yang berjumlah 29 orang. Data diperoleh dengan
menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji hipotesis dengan
korelasi product moment dan analisis deskriptif frekuensi tabel tunggal. Selain itu
penelitian ini juga menggunakan rumus korelasi kooefisien dan determinasi untuk
melihat seberapa kuat dan besar sumbangan sumbangan variabel x terhadap
variabel y.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara
variabel pelatihan parenting dengan kualitas komunikasi orang tua dan hasil
analisis deskriptif frekuensi tabel tunggal menyatakan bahwa program pelatihan
parenting berhasil meningkatkan kualitas komunikasi orang tua dalam pola asuh.
dan dari hasil kooefisien korelasi menunjukkan r=0,678 sebagai pengaruh yg kuat
dalam variabel x serta hasil determinasi menunjukkan 45,9% besar sumbangan
variabel pelatihan parenting terhadap variabel komunikasi orang tua.
Program pelatihan parenting sangat baik di lakukan untuk para orang tua
siswa-siswi sekolah khususnya pada tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan
kualitas komunikasi dalam pola asuh