Research Repository

Pengaruh Program Pelatihan Parenting Terhadap Peningkatan Kualitas Komunikasi Orang Tua Dalam Pola Asuh di SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan

Show simple item record

dc.contributor.author Surianto
dc.date.accessioned 2020-03-16T10:33:58Z
dc.date.available 2020-03-16T10:33:58Z
dc.date.issued 2019-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2649
dc.description.abstract Program pelatihan parenting merupakan kegiatan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada orang tua tentang bagaimana berkomunikasi dan menghadapai anak. Pelatihan tersebut di selenggarakan karena adanya permasalahan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi antara orang tua dengan anak. Sekolah SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan melakukan program parenting yang ditujukan kepada seluruh orang tua siswa dari kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam). Penelitian ini meneliti tentang pengaruh program pelatihan parenting terhadap peningkatan kualitas komunikasi orang tua dalam pola asuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua perempuan kelas 3 dan kelas 4 yang pernah mengikuti program pelatihan parenting di SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan yang berjumlah 29 orang. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan uji hipotesis dengan korelasi product moment dan analisis deskriptif frekuensi tabel tunggal. Selain itu penelitian ini juga menggunakan rumus korelasi kooefisien dan determinasi untuk melihat seberapa kuat dan besar sumbangan sumbangan variabel x terhadap variabel y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel pelatihan parenting dengan kualitas komunikasi orang tua dan hasil analisis deskriptif frekuensi tabel tunggal menyatakan bahwa program pelatihan parenting berhasil meningkatkan kualitas komunikasi orang tua dalam pola asuh. dan dari hasil kooefisien korelasi menunjukkan r=0,678 sebagai pengaruh yg kuat dalam variabel x serta hasil determinasi menunjukkan 45,9% besar sumbangan variabel pelatihan parenting terhadap variabel komunikasi orang tua. Program pelatihan parenting sangat baik di lakukan untuk para orang tua siswa-siswi sekolah khususnya pada tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam pola asuh en_US
dc.subject Komunikasi verbal en_US
dc.subject Keterampilan komunikasi en_US
dc.subject Komunikasi non verbal en_US
dc.subject Seminar en_US
dc.subject Konseling en_US
dc.title Pengaruh Program Pelatihan Parenting Terhadap Peningkatan Kualitas Komunikasi Orang Tua Dalam Pola Asuh di SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account