Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada
mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas
dan hasil belajar serta perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antara siklus I
dan siklus II di kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018 dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair
And Share.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan yang beralamat Jl.
Utama No.170, kota Matsum II, Medan Area, Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini
adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And
Share.untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus
terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang
digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar
observasi aktivitas. teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi aktivitas siswa
menunjukkan adanya peningkatan aktivitas sebesar 20,51% (siklus I 53,84% sedangkan
siklus II 74,35%). Pada pretest sebelumnya diadakannnya tindakan pada siklus I adalah
sebanyak 10 siswa (25,64%) yang memenuhi standart ketuntasan belajar dengan nilai rata
rata 57,94. Setelah diadakannya siklus I siswa yang mencapai standart ketuntasan belajar
sebanyak 18 siswa (46,15%) dengan nilai rata-rata 66,02, dan setelah diadakan tindakan pada
siklus II sebanyak 32 siswa (82,05%) siswa yang telah memenuhi standart ketuntasan belajar
dengan nilai rata-rata 84,10.
Berdasarkan uraian di atas,dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model
pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal
umum di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.