Research Repository

Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Mardiana, Kiki
dc.date.accessioned 2020-03-12T05:13:19Z
dc.date.available 2020-03-12T05:13:19Z
dc.date.issued 2018-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2588
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antara siklus I dan siklus II di kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan yang beralamat Jl. Utama No.170, kota Matsum II, Medan Area, Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share.untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas sebesar 20,51% (siklus I 53,84% sedangkan siklus II 74,35%). Pada pretest sebelumnya diadakannnya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (25,64%) yang memenuhi standart ketuntasan belajar dengan nilai rata rata 57,94. Setelah diadakannya siklus I siswa yang mencapai standart ketuntasan belajar sebanyak 18 siswa (46,15%) dengan nilai rata-rata 66,02, dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 32 siswa (82,05%) siswa yang telah memenuhi standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84,10. Berdasarkan uraian di atas,dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share en_US
dc.subject Hasil belajar siswa en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.title Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account