Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model Team Assisted Individualization (TAI) berbantu LKS untuk meningkatkan
hasil belajar Akuntansi pada siswa di kelas XI Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia
Tahun Ajaran n 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain
penelitian analisis regresi sederhana. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XIAK di SMK Swasta PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 yang
terdiri dari 2 kelas (52 siswa). Sampel penelitian ini adalah kelas XI AK 1.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes yang
terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Pada kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) diperoleh nilai rata-rata pre test 65,5 dan standar
deviasinya 12,82 dan nilai rata-rata post test diperoleh 77,5 dengan standar
deviasinya 82,26. Sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians
yang homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, dimana t hitung =9,368
sedangkan ttabel = 2,048 pada taraf nyata 0,05 dk = (30-2) = 28 karena t hitung t
tabel makadiperoleh adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) berbantu LKS untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi jurnal khusus dikelas XI AK SMK PAB 2 Helvetia T.P
2016/2017.