Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan
media pembelajaran interaktif Games Super Deal terhadap hasil belajar akuntansi siswa
kelas XII Sma Swasta Dharmawangsa Medan tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis desain one
group pre-test post-test only design. Design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XII di Sma Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 4
kelas (129 siswa). Sampel penelitian ini yaitu kelas XII IPS 2 yang terdiri dari 32 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik
Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay
sebanyak 10 soal yang yang sudah valid.
Dari penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum
menggunakan media pembelajaran interaktif Games Super Deal sebesar 70,69
sedangkan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif Games Super Deal
meningkat menjadi 84,25. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk
mengetahui Normalitas data hasil belajar, dan menggunakan uji F untuk
mengetahui Homogenitas data. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan uji “t” dua pihak dengan dk = N-1 pada α = 0,05. Dari data
diperoleh > yaitu 16,357>1,695).
Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan
begitu dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran
interaktif Games Super Deal terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Sma Swasta
Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.