dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
tanggung jawab terhadap kinerja guru, pengaruh komitmen terhadap kinerja guru,
pengaruh tanggung jawab terhadap kinerja guru dimoderasi efikasi diri, dan
pengaruh komitmen terhadap kinerja guru dimoderasi efikasi diri. Dalam
penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel sebanyak 84
responden yang merupakan guru di SMK 14 Medan. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan daftar pernyataan seperti kuesioner serta teknik
analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji empat
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitan menunjukan bahwa
tanggung jawab berpengaruh terhadap kinerja guru, komitmen berpengaruh
terhadap kinerja guru, tanggung jawab berpengaruh signifikan terhadap kinerja
guru dimoderasi efikasi diri (Dengan kata lain efikasi diri berperan sebagai
moderator), dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui
efikasi diri (Dengan kata lain efikasi diri berperan sebagai mediator) |
en_US |