Abstract:
Penelitian ini mempunyai latar belakang rendahnya hasil belajar siswa kelas
IV SD Negeri 164612 yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi awal
bersama guru kelas IV. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi yang diberikan
guru selama proses belajar mengajar, sehingga siswa merasa jenuh dan tidak
memahami pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat hasil belajar siswa secara signifikan dengan memberikan perlakuan
berupa pembelajaran yang menggunakan Media Pembelajaran berbasis Audio
Visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi
seluruh siswa kelas IV yaitu IV A dan IV B yang berjumlah sebanyak 30 siswa,
yang akan dijadikan juga sebagai sampel dalam penelitian. Penelitian akan
menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di mana pada kelas
eksperimen siswa akan mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan
menggunakan media berbasis audio visual, sedangkan pada kelas kontrol siswa
tidak akan diberikan perlakuan seperti halnya di kelas eksperimen. Variabel bebas
(X) dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Audio Visual,
sedangkan Variabel Terikat (Y) nya merupakan Hasil Belajar. Pengujian akan
dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan
Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji
validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian
diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat
apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi
normal dan homogen atau tidak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat
Pengaruh Media Pembelajaran berbasis Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS
Kelas IV SD Negeri 164612, hal ini didukung dengan nilai signifikansi pada uji
hipotesis senilai 0,000, dengan arti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa Ha diterima dan H0 ditolak