Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 164612

Show simple item record

dc.contributor.author YANTI
dc.date.accessioned 2024-08-26T07:46:34Z
dc.date.available 2024-08-26T07:46:34Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24912
dc.description.abstract Penelitian ini mempunyai latar belakang rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 164612 yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi awal bersama guru kelas IV. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi yang diberikan guru selama proses belajar mengajar, sehingga siswa merasa jenuh dan tidak memahami pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa secara signifikan dengan memberikan perlakuan berupa pembelajaran yang menggunakan Media Pembelajaran berbasis Audio Visual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IV yaitu IV A dan IV B yang berjumlah sebanyak 30 siswa, yang akan dijadikan juga sebagai sampel dalam penelitian. Penelitian akan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di mana pada kelas eksperimen siswa akan mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan media berbasis audio visual, sedangkan pada kelas kontrol siswa tidak akan diberikan perlakuan seperti halnya di kelas eksperimen. Variabel bebas (X) dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Audio Visual, sedangkan Variabel Terikat (Y) nya merupakan Hasil Belajar. Pengujian akan dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Media Pembelajaran berbasis Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Negeri 164612, hal ini didukung dengan nilai signifikansi pada uji hipotesis senilai 0,000, dengan arti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak en_US
dc.subject Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 164612 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account